Cara Mengatasi Layar Blank pada Galaxy Y

Ditulis oleh: -
Wap-MWB blogspot com
Mengatasi Bootlooping dan Layar Blank pada Galaxy Y
Samsung Galaxy Y
Bagi Anda pengguna ponsel android tentunya sudah tidak asing lagi dengan ponsel Samsung Galaxy Y bukan? Samsung Galaxy Y merupakan ponsel besutan Samsung Mobile yang terbilang laku keras dipasaran untuk saat ini. Selain harga yang terjangkau, ponsel tersebut sudah memiliki beberapa fitur yang bisa diandalkan antara lain: mendukung tehnologi paket data HSDPA,bersystem Android OS, v2.3.5 (Gingerbread), menggunakan CPU 832 MHz processor dan masih banyak fitur yang tak kalah menarik yang ditawarkan dalam ponsel tersebut.

Langsung saja, dalam kesempatan kali ini IdBlogDesign ingin berbagi pengalaman dengan Anda para pengguna ponsel Galaxy Y dalam mengatasi masalah atau kendala yang sering ditemui banyak pengguna ponsel tersebut. Beberapa masalah tersebut antara lain adalah:

Bootlooping (ponsel melakukan proses restart secara terus menerus dan terkadang hanya muncul Logo Samsung tetapi tidak bisa masuk ke menu utama).
Layar ponsel blank atau berwarna putih.

Tentunya dalam keadaan tersebut kita tidak bisa menggunakan ponsel sebagai mana mestinya, sehingga kita mungkin akan mengambil jalan alternatif melalukan service software di galeri Samsung ataupun di service ponsel terdekat. Jika ponsel tersebut masih memiliki garansi tentunya kita tidak akan direpotkan masalah biaya, namun jika sudah tidak bergaransi maka akan sedikit bermasalah bukan tentang biaya yang akan kita keluarkan?

Sebenarnya permasalahan bootlooping dan layar blank pada Galaxy Y kita tersebut dapat kita atasi sendiri dengan langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke menu Recovery Mode, yaitu dengan menekan tombol Volume Up, Power Button dan Home Button secara bersamaan pada ponsel Galaxy Y Anda seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Langkah 1

2. Tekan dan tahan tombol tersebut secara bersamaan sehingga akan muncul gambar dibawah ini:

Langkah 2

Dan akan muncul beberapa pilihan menu antara lain sebagai berikut:
reboot system now
apply update from sdcard
wipe data/factory reset
wipe cache partition
Kita bisa menggunakan tombol-tombol ponsel sebagai berikut:
Volume Down = Untuk menggerakkan ke bawah.
Volume Up = Untuk menggerakkan ke atas.
Home Button = Untuk memilih menu (OK).
Back Key = Untuk kembali.
3. Pilih menu wipe data/factory reset, dengan cara menekan tombol Volume Down, kemudian tekan Home Button. Kemudian pilih Yes — delete all...

Nb: Semua data dalam ponsel akan terhapus dan ponsel akan dikembalikan ke seting awal.

4. Terakhir pilih menu reboot system now .

Mungkin dengan langkah-langkah tersebut permasalahan bootlooping dan layar blank pada ponsel Samsung Galaxy Y Anda dapat teratasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.