Membuat Efek Keren Letterpress menggunakan Gimp

Ditulis oleh: -
Appwall707.gif

Efek letterpress membuat text terlihat seperti dipahat dan efek ini membuat text biasa yang membosankan menjadi lebih menarik. Tutorial membuat efek letterpress untuk Photoshop mungkin banyak bertebaran di luar, tapi untuk Gimp sangatlah sedikit. Kali ini saya akan memperlihatkan cara bagaimana membuat efek letterpress di Gimp.

Langkah 1

Buat image baru dengan ukuran 1024 x 768

Langkah 2

Beri warna pada layer Background, disini saya menggunakan warna merah dengan kode warna d43c3c. Kamu bisa memberi warna sesuai selera.

Langkah 3

Agar background tidak terlihat membosankan, beri efek noise pada layer background dengan cara memilih toolbar Filters → Noise  Add film grain biarkan setting seperti default, check option flatten image.
Buat layer baru dengan nama Gradient, ubah layer mode menjadi Overlay . Pilih Blend Tool  gunakan warnaFFFFFF pada foreground. Ubah Blend Gradient menjadi FG to Transparent, ubah Blend Shape menjadi Radial. Lalu beri gradient pada layer Gradient.

Langkah 4

Pilih Text Tool  lalu ketikkan text yang di inginkan. Untuk pemilihan font, saya sarankan menggunakan tipe font yang agak tebal, letterpress akan terlihat bagus pada font yang tebal. Disini saya menggunakan font Bebasyang dapat di unduh di Font Squirrel. Beri warna yang lebih gelap dari warna background. Saya menggunakan warna 4c1616.

Langkah 5: Inner Gradient

Buat baru dengan nama Inner Gradient dan ubah Layer moder menjadi Overlay. Klik kanan pada layer huruf lalu pilih opsi text to selection. Pilih Blend Tool, gunakan warna hitam sebagai foreground. Pilih FG to Transparentdan ubah Blend Shape menjadi Linear. Sekarang posisikan kursor di bagian bawah huruf lalu tarik sampai ke bagian tengah huruf.

Langkah 6: Inner Shadow

Masih dalam seleksi text. Pilih layer text. Invert seleksi dengan cara menekan tombol ctrl+i. Pada toolbar pilihFilter → Light and Shadow → Drop Shadow. Ubah nilai Offset X dan Offset Y menjadi 1, ubah Blur Radiusmenjadi 10 dan ubah Opacity menjadi 70.

Langkah 7: Drop Shadow

Langkah yang terkahir adalah menambahkan drop shadow warna putih pada text. Pilih layer text, lalu pada Toolbar pilih Filter → Light and Shadow → Drop Shadow. Ubah nilai Offset X, Offset Y dan Blur radius menjadi 1. Ubah warna shadow menjadi warna putih, terkahir ubah Opacity menjadi 50, klik Ok jika sudah selesai.

Hasil

Yap efek letterpres sudah jadi. Banyak jalan menuju Roma. Entah itu menggunakan Photoshop atau Gimp, jika tahu triknya efek apapun bisa dibuat di Gimp.

Source File :

Sumber : http://fossgrafis.com
Download uc WEB sma bungurasih (1.5Mb)
Appwall707.gif
Sory, link only available on ucweb
Mirror uc WEB sma bungurasih (1.5Mb)
Appwall707.gif
Sory, link only available on ucweb